Persiapan Diri untuk Lomba Triathlon (1)

Beberapa bulan lalu, tepatnya awal-awal tahun, aku berpikir untuk membuat resolusi baru di tahun 2017. Resolusi yang lebih berkaitan dengan hobby olahraga, terutama lari. Aku mulai memikirkan bagaimana melakukan upgrade hobby, agar tidak semata-semata berlari saja. Aku mulai mencari aktivitas yang menantang. Lalu terbersit lah suatu olahraga yang mengkombinasikan antara lari, renang dan bersepeda. Itulah triathlon.

Suatu waktu memang ada di grup olahraga ku, seseorang posting tentang mini triathlon di salah satu pulau Flores. Sejak itulah terbersit keinginan untuk melakukan hal serupa. Apalagi tiap kali aku melakukan gym di salah satu tempat gym di Jakarta, aku bisa melakukan semua hal itu. Mulai lari di treadmill, bersepeda di alat sepeda dan berenang di kolamĀ  renang. Ternyata fasilitas sangat mendukung semua.

Lalu apakah hanya latihan saja? tidak. Ternyata untuk Triathlon pemula aku bisa ikut lomba yang diadakan di Indonesia di tahun ini. Yang pertama adalah Bintan Triathlon dan kedua adalah SungaiLiat Triathlon. Melihat waktunya, Bintan Triathlon lah yang paling cocok. Ada cukup banyak waktu untuk persiapan ke lomba triathlon pertamaku. Yuhuuu. Nah mulai mendaftar lah di Bintan Triathlon ini, yang diselenggarakan di pertengahan bulan Mei 2017.

Oke tahap pertama sudah dilakukan. Yaitu mendaftar untuk event. Artinya sudah jelas bahwa tujuannya ada. Tahap kedua adalah menganalisa kesiapan diri. Karena sudah ada tempat gym yang mendukung, aku rasa tempat latihan sudah ready, terutama latihan indoor. Nah, untuk latihan outdoor, ini yang masih banyak kekurangan. Terutama untuk bersepeda dan renang. Untuk latihan lari outdoor mah, semua tempat bisa dipakai.

Tahap ketiga adalah mengecek perlengkapan untuk lomba ini. Yang pasti belom punya adalah sepeda untuk latihan outdoor. Akhirnya ku beli sepeda balap di salah satu toko sepeda di Jakarta, sekitar bulan Februari 2017. Nah khusus sepeda pun, banyak sekali pilihannya. Tetapi yang pasti adalah sepeda harus sesuai dengan fisik kita. Apa saja sih yang perlu diperhatikan. Salah satu yang krusial adalah tinggi sepeda dibandingkan dengan pangkal paha kita. Istilahnya agak lupa. Tapi yang jelas saat kita turun dari sepeda, jangan sampai chassis sepeda menyentuh pangkal paha kita, minimal diberi jarak 2 jari tangan. Hal ini sangat penting saat kita bersepeda, jikalau terjadi incident, pangkal paha kita tidak terbentur oleh chassis sepeda. Makanya aku harus mencoba setiap sepeda yang mau kubeli. Hingga aku berpindah-pindah dari toko satu ke toko yang lain untuk mendapatkan sepeda yang cocok.

Nah akhirnya, inilah sepeda ku yang kupersiapkan untuk lomba Triathlon ini

 

Nah, inilah salah satu persiapan penting untuk lomba Triathlon. Aku perlu persiapkan senjata yang nyaman dan tepat buat diriku biar bisa menyelesaikan Triathlon pertama ini.

Mulailah setelah membeli sepeda balap ini, kucoba untuk bersepeda di jalanan Jakarta saat weekend. Supaya kita bisa terbiasa dengan sepeda baru ini. Awal-awal masih mencoba jarak pendek sekitar 10an Km. Lalu mulai ditambah jarak kayuhan sepeda menjadi 20 km. Hingga tambah lagi sesuai jarak tempuh yang diperlombakan. Yaitu 40 km. Persiapan dan latihan ini penting buatku supaya bisa mengukur kemampuan fisik dan kekuatan kaki saat mengayuh pedal sepeda.

Kecepatan bersepedanya pun juga bervariasi. Saat jalan datar, bisa kayuh sepeda di 20 km per jam. Kalo jalan menurun bisa mencapai 30-40 km perjam. Yang paling susah adalah jalan menanjak. Ini perlu tenaga ekstra haha.

Aku kira cukup sekian dulu untuk sharing persiapan lomba Triathlon pertamaku. Lihat posting berikut nya untuk sharing persiapan selanjutnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s