1000 Km

1000 Kilometer merupakan jarak yang terbilang jauh. Angka 1000 Km merupakan jarak jalan yang menghubungkan antara Anyer dan Panarukan. Jalan yang dibangun oleh Belanda selama menjajah Indonesia. Menempuh jarak sejauh itu memerlukan energi besar dan waktu yang cukup lama.

Perjalanan yang ditempuh dari Kota Jakarta menuju kota Solo pun terbilang hanya separuh dari jarak Anyer dan Panarukan. Tetapi bila dilakukan pergi dan pulang (PP), bisa jadi mencapai angka 1000 Kilometer, bisa jadi lebih dari itu. Jakarta – Solo, ditempuh oleh kebanyakan para pelaku urban, termasuk diriku sendiri. Selama waktu liburan pun diincar orang-orang untuk melakukan perjalanan sejauh itu, seperti liburan Natal dan Tahun Baru pekan lalu.

Perjalanan udara dan perjalanan kereta bisa mempercepat waktu tempuh diantara keduanya. Tetapi perjalanan roda empat akan menjadi luar biasa beratnya. Itulah yang kulakukan dalam waktu liburan akhir tahun kemarin. Energi besar untuk menempuhnya, baik pergi dan pulangnya. Jalan darat yang jauh dengan arus kendaraan yang padat dan rute jalan yang bergelombang menjadi tantangan yang berat. Dengan padatnya kendaraan yang melewatinya, menjadikan macet yang tak bisa bisa dilawan.

Pengalaman selama libur natal menjadi pengalaman yang berat untuk diingat. Banyak orang terjebak kemacetan yang luar biasa dikarenakan antrian Tol Gate dan Rest Area yang panjang hingga beberapa kilometer. Bahkan saking memalukannya, menyebabkan salah satu pejabat Direktorat Perhubungan Darat yang bertanggung jawab mengundurkan diri. Hal ini ternyata tidak terjadi juga pada masa tahun baru. Hampir semua orang tidak melakukan perjalanan jauh pada masa tahun baru karena waktu liburnya lebih pendek.

Kesempatan untuk menikmati perjalanan darat dengan kendaraan roda empat datang pada masa tahun baru ini. Jarak Jakarta – Solo yang sudah dibangun tol membuat perjalanan ini cukup nyaman dan cepat. Beberapa tol baru yang bisa dilewati seperti Tol Palimanan, Tol Kanci, Tol Pejagan maupun Tol Semarang, Tol Bawen. Beberapa infrastuktur jalan ini yang membuat semuanya serba lancar dan cepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s