LEGO man

Minggu ini kami mendapati pengalaman yang menarik bersama. Bersama dengan rekan-rekan lain kami mengikuti sebuah acara training dengan memainkan bagian-bagian LEGO. Salah satu peralatan yang digunakan adalah alat-alat lego dan tentu saja post it.

Yang cukup menarik adalah permainan menggunakan LEGO. Kami ditantang oleh instruktur untuk membuat suatu bentuk dari bagian-bagian kecil LEGO. Setiap orang dikelompokkan dalam beberapa meja yang terdiri dari 5-6 orang dalam satu kelompok. Semua peserta pun asik membuat bentuk LEGO dalam batasan waktu. Sebagai contohnya : ada peserta yang membuat LEGO menjadi bentuk orang-orangan. Bentuk yang LEGO yang mempunyai bagian kepala, tangan, badan, dan kaki. LEGO yang dibuat ini mempunyai satu mata saja. Tangan kirinya memegang simbol buku. Badannya mempunyai simbol jendela yang bisa membuka dan menutup. Sementara kakinya terlihat kuat dengan beberapa roda di masing-masing kakinya.

LEGO Character

LEGO Character

Apa maksud dalam bentuk LEGO yang seperti itu. Simbol-simbol itu menggambarkan apa ? Kepala yang mempunyai sebuah mata saja mengibaratkan bahwa orang uang digambarkan itu hanya melihat suatu hal dari satu sudut pandang saja. Padahal sesuatu bisa dinilai dari beberapa sudut pandang. Sehingga memberikan penilaian yang cukup beralasan dan tidak kaku. Sementara salah satu tangan yang seakan-akan membawa sebuah buku menggambarkan bahwa orang itu suka mempelajari keilmuan dan mengajarkan ilmu itu kepada orang lain. Berbagi ilmu adalah salah satu hal kebaikan yang cukup berharga. Sementara gambaran dari badan yang terbuat dari jendela, menggambarkan bahwa hatinya bisa terbuka dan tertutup sesuai keinginan orang itu. Terbuka untuk hal-hal yang bisa memberikan kebenaran akan sesuatu hal. Sementara jendela yang tertutup menggambarkan bahwa orang itu bisa saja menutup hatinya dari hal-hal yang kurang baik. Bisa juga digambarkan bahwa orang itu tidak akan membuka semua informasi tentang dirinya kepada orang lain. Dan hanya berbagi kepada orang-orang terdekat dan terpilih. Sementara itu kaki yang mempunyai roda bisa menggambarkan bahwa orang itu mengontrol dirinya untuk bergerak dengan cepat maupun lambat sesuai keinginan. Saat diperlukan kecepatan tinggi bisa saja orang itu mengerahkan seluruh energinya untuk bergerak maju dan dengan kecepatan tinggi.

LEGO yang menggambarkan karakter-karakter pribadi itu bisa juga disusun ulang untuk membentuk karakter yang lebih kaya dengan berbagai hal. Contoh perbaikan yang bisa diberikan adalah dengan menambahkan sebuah mata pada kepalanya sehingga LEGO itu memiliki dua mata. Dengan begitu orang itu akan mampu melihat sesuatu hal dari berbagai sudut pandang. Minimal dari dua sudut pandang, Denga begitu orang itu bisa menilai sesuatu dengan lebih kaya akan pertimbangan dan data. Hasil penilaiannya pun menjadi lebih akurat dan tepat sasaran. Sementara salah satu tangan karakter tersebut bisa ditambahkan dengan peralatan-peralatan yang menggambarkan bahwa orang tersebut terampil dan kaya akan keahlian. Dengan begitu orang itu akan lebih mudah membantu orang dalam berbagai hal.

LEGO memang sebuah permainan yang unik. Semua orang bisa berkreasi dengan apapun dengan memanfaatkan LEGO. Orang bisa membuat pesawat, rumah, kendaraan, bangunan, mesin. Yang tentu saja hanyalah miniatur saja. Tetapi setidaknya orang akan berimajinasi dengan itu semua. Bahkan karakter LEGO sudah dibuat menjadi film animasi. Dalam film animasi tersebut menggambarkan Batman dan kelompok super hero nya bahu-membahu dalam menyelamatkan kota Gotham, tempat kediaman Bruce Wayne. Tentu saja film animasi itu cukup lucu untuk ditonton bersama keluarga, Karena ceritanya sudah banyak diketahui orang-orang. Itulah salah satu contoh bagaiamana peran permainan LEGO sudah berkembang menjadi sesuatu yang lebih bernilai dibandingkan hanya permainan menyusun balok.

Selamat mencoba, dan mengajarkan nilai-nilai yang ada bagi keluarga, anak-anak, teman dan orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s