Self Service Laundry for Experience

Laundry mungkin kegiatan yang sering dilakukan oleh orang-orang. Terutama saat weekend. Kegiatan laundry tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Meskipun begitu aktivitas laundry, atau mencuci pakaian dan sejenisnya, bisa menyita banyak waktu. Bagi para pekerja kantoran yang banyak memiliki tugas di kantor itu akan memerlukan waktu untuk memikirkan.

Apakah pilihannya? Sebuah keluarga akan menyelesaikan masalah per-laundry-an dengan mencuci sendiri. Bisa jadi sebuah keluarga akan menyerahkan tugas mencuci kepada pembantunya. Jika mereka tidak memiliki pembantu, bisa jadi menyerahkan tugas laundry kepada penyedia jasa laundry. Jasa laundry ini pun beberapa jenis menawarkan layanannya. Pertama adalah jasa laundry standard, kedua adalah jasa laundry express, ketiga adalah self service laundry.

image

Self service laundry mungkin awalnya cukup asing, tapi ternyata cukup menjamur, dan bisa jadi menyenangkan. Dibandingkan dengan layanan laundry yang pada umumnya, dimana orang akan drop pakaian di jasa laundry, mereka tinggal menunggu waktu sehari untuk yang ekspress dan 3 hari untuk yang standard. Mereka sudah akan mendapati pakaian terlipat rapi, setelah sebelumnya dicuci, disetrika dan disemprot pewangi. Berbeda dengan self service laundry, jasa ini memberikan eksperience pengalaman yang berbeda. Orang akan mendapatkan pengalaman jasa laundry seakan mereka mencuci sendiri di mesin cuci sendiri. Tetapi sebenarnya mereka menyewa sebuah mesin cuci untuk mencuci dan mengeringkan baju. Dan bahkan mereka bisa menyeterika juga kalau mau. Untuk melakukan itu semua hanya diperlukan waktu tak lebih dari 2 jam saja.

image

Pengalaman inilah yang ditawarkan, bagi orang yang terbiasa mencuci sendiri tetapi tidak mempunyai mesin cuci. Dan ini menjadi pilihan menarik untuk dicoba.

Pendukung utama layanan self service laundry ini tentu saja keberadaan mesin laundry yang cukup modern yang terdiri dari mesin pencuci otomatis dan mesin pengering. Di dalam mesin pencuci cukup dengan memasukkan koin yang akan menentukan lama pencucian berdasar jumlah koin. Pengguna akan memasukkan koin, kemudian memilih kecepatan pencucian dan memulai mencuci otomatis. Otomatis disini berarti merendam pakaian dalam air, memutar pakaian dengan sabun cuci dan membilas pakaian secara otomatis oleh mesin itu sendiri. Hal inilah yang tidak dilakukan lagi seperti halnya melakukan urusan laundry di mesin cuci sendiri yang harus memasukkan air ke dalam mesin cuci, sabun cuci hingga membilasnya.

Setelah selesai dengan proses pencucian awal yang membutuhkan waktu 30 menit untuk jumlah pakaian seberat 6 kg. Maka proses dilanjutkan dengan proses pengeringan pakaian, dengan waktu sejumlah 50 menit. Lebih lama memang. Dari kotak mesin yang pertama, pengguna harus memindahkan ke mesin pengeringan yang ada di atasnya. Lagi lagi cukup dengan memasukkan koin, 2 koin untuk proses pengeringan 50 menit. Pengguna tinggal memilih level panas pengeringan high-medium-low sesuai jenis bahan pakaian yang digunakan, dan memulai pengeringan.

Begitu 50 menit berlalu, pakaian sudah kering semua, tinggal memindahkan pakaian dari mesin pengering ke meja. Pengguna tinggal melipat saja pakaiannya dan menyimpan di plastik. Atau jika membeli jasa setrika bisa dibantu oleh petugasnya. Ada biaya tambahan lagi untuk jasa setrika berdasar jenis pakaian yang disetrika, apakah kemeja, kaos, celana dan lain sebagainya.

Cukup menyenangkan. Well, semua orang bisa melakukan hal menyenangkan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s