15 Marketing Tools dari Google

Google sebagai salah satu mesin pencari informasi di internet, bahkan terbesar. Google menawarkan banyak tool yang memperkaya fungsi mesin pencari dan bisa sangat bernilai bagi para marketeer. Ada beberapa tools yang memiliki peranan penting sehingga pengguna mendapatkan manfaat penuh seperti yang ditawarkan oleh Goole.

15 Tools Google yang bermanfaat bagi marketer:

1. Google My Business

Ingin mendapatkan layanan iklan gratis di Google ? Hal yang harus dilakukan dengan memanfatkan Google My Business list (sebelumnya dikenal dengan Google Places), dan bisnisnya dapat tampil dalam hasil pencarian bagi pencari lokal. Layanan bisnis tersebut tidak berbayar untuk mendapatkan posiss di pencarian lokal nya.

2) Google+ Business Pages

Dengan mengaktifkan dan mengelola sebuah halaman Google+ Pages bersamaan dengan listing Google My Business, bahkan membuat Google+ menjadi sangat kritikal buat pebisnis. Patut dicoba untuk membuat Google My Business Listing dengan menyertakan tautan ke halaman bisnis Google+ Page, dan hal penting untuk menyediakan waktu ekstra untuk membuat halaman bisnis sebaik mungkin.

3) Google Webmaster Tools

Ingin insight yang lebih baik bagaimana sehat website di mata Google? Cukup dengan mengaktifkan akun Google Webmaster Tools. Google Webmaster Tools akan memberikan peringatan (alert) dengan flag merah yang dapat membuat situs dapat ditemukan di dalam hasil pencarian, dan membantu menganalisa trafic pencarian yang ada sehingga bisa memahami visitor menemukan situs.

4) Google Adwords

Jika ingin memberikan upaya organic untuk menempatkan situs dalam pencarian dengan lompatan yang lebih, cukup wajar jika memanfaatkan Google Adwords, produk Google pay-per-click (PPC).

5) Google AdWords Keyword

Jika ingin meningkatkan SEO secara organik, maka diperlukan keyword research terlebih dahulu. Keyword research membantu mengidentifikasi keywords untuk mencapai seperti halnya membuat blog dan konten website, fokus pada SEO dan upaya pembuatan konten sehingga situs bisa ditemukan pencari yang tepat.

6) Google Trends

Google trends memungkinkan untuk mengevaluasi popularitas istilah tertentu, membandingkannya dengan variasi keyword lain, menganalisa bagaimana popularitasnya berubah sepanjang waktu di area yang berbeda.

7) Google Docs, Sheets, Slide dan Forms

Tool ini memungkinkan untuk membuat kolaborasi dokumen bersama dengan pengguna lainnya. Google Docs untuk membuat dokumen. Google Sheets untuk membuat data marketing seperti halnya excel sheet. Google Slide untuk untuk membuat presentasi data-data marketing dan Google Forms untuk mengumpulkan data-data survey berbentuk form survey.

8) Google Drive

Google drive merupakan cloud system yang memungkinkan untuk menyimpan data-data dan dokumen di internet, atau lebih tepatnya di Google. Hal ini akan memudahkan setiap orang yang mempunyai akses internet untuk mendapatkan atau melihat dokumennya dari manapun dan kapanpun.

9) Google Alerts

Google alerts memungkinkan untuk melakukan monitoring web terkait dengan alerting mention untuk spesifik frasa atau keyword tertentu.

10) Google News

Google News mampu mengidentifikasi berita-berita terkait dengan marketing bisnis.

11) Google Voice

12) Google Calendar

Kalendar merupakan salah satu aplikasi penting untuk mencatat semua agenda kegiatan marketing.

13) Google Analytics

14) Google FeedBurner

15) Youtube

Dengan youtube memungkinkan untuk menyebarkan ide marketing dan menginformasikan produk marketing melalui video.

(diambil dari HubSpot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s