Jendela Dunia

Pertama kali saat mendapat briefing dari Ketua Program MM waktu itu pak Rheinald Kasali, beliau mengatakan untuk selalu menatap dunia yang luas ini.  Salah satu contohnya adalah tidak hanya berkutat di dalam negeri saja, tetapi disarankan untuk menatap dunia yang lebih luas. Yaitu mengelilingi dunia, menjelajah luar negeri dan berkenalan dengan orang-orang di luar negeri. Beliau menceritakan bahwa seseorang yang mencoba tantangan yang lebih banyak di luar negeri, akan mendapatkan wawasan baru dan pengalaman baru untuk menatap masa depan yang lebih baik.

Bola Dunia

                                                           Bola Dunia

Beberapa bagian lain dari dunia ini menawarkan suasana dan rasa yang berbeda. Tentu saja yang menarik bagi semua umat muslim misalkan mendatangi Baitulloh di Mekkah untuk melaksanakan Haji maupun Umroh. Selain itu mereka bisa mendatangi Madinah juga. Suasana damai dan pemenuhan batin untuk beribadah umat muslim kepada Alloh SWT selaku Tuhannya. Kedua kota suci tersebut berada di Saudi Arabia. Negeri timur tengah yang didominasi oleh padang gurun dan tentu saja penuh dengan cadangan minyaknya.

Bagian lain yang tak kalah menarik adalah daya tarik negeri Asia Timur seperti Jepang, Korea, Hongkong maupun China. Khususnya China memiliki salah satu situs yang menjadi salah satu Keajaiban dunia yaitu Great Wall of China. Great Wall ini dibangun sebagai benteng pertahanan dinasti Ming untuk menahan gempuran Mongol. Memang China dulu begitu digdaya dalam peperangan dan sekarang di era modern kembali berkembang dalam hal perekonomian dan teknologi.

Sementara untuk lebih mudah adalah menjelajahi negeri Asean (Asia Tenggara) secara tidak perlu pembuatan visa dan cukup dengan passport saja sudah bisa memasuki negeri Asean. Yang paling sering didatangi adalah negeri kecil Singapura, Malaysia dan Thailand.  Kemudahan ini tentu saja mendorong kita untuk menjelajah ke negeri-negeri itu. Lagipula ditambah dengan fasilitas untuk menjelajah dunia semakin murah saja terutama tiket pesawat terbang. Banyak perusahaan penerbangan yang menawarkan tiket murah untuk bepergian di sekitar Asia Tenggara seperti Air Asia, Tiger Air maupun Lion Air. Hal inilah yang membuat orang-orang makin tertarik untuk menjelajah negeri-negeri asing.

Untuk mencapai tahap itu minimal dengan menyiapkan persyaratan yaitu dokumen imigrasi berupa paspor. Dengan paspor, sebagai kunci untuk bisa memasuki daerah baru di luar daerah administrasi Indonesia. Orang ketika ada di dunia luar, mereka menjadikan itu sebagai jendela dunia. Menatap dunia yang luas tanpa batas. Membayangkan imaji yang lebih komplek dibandingkan apa yang dilihat sekarang.  Meskipun selain paspor juga diperlukan Visa untuk memasuki negeri-negeri selain Asean.

Di tahun 2015 ini, beberapa target negeri-negeri yang ingin didatangi adalah negeri di Eropa dan Timur Tengah. Entah kapan kesempatan datang untuk bisa mengunjungi Amerika dan Afrika. Tetapi jangan lupakan juga untuk menjelajah negeri kepulauan Indonesia yang kaya dengan keindahan alamnya.

Note : Silakan bagi yang ingin membuat passpor bisa dilakukan dengan online https://ipass.imigrasi.go.id:8443/xpasinet/faces/PassportFormCustomer.jsp.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s