Tick Your Checklist

Siapa yang tidak mengenal item checklist. Hampir semua orang yang mempunyai agenda kegiatan yang harus dilakukan pastilah membuat checklist. Checklist ini berupa susunan atau tulisan atau catatan dari semua aktivitas, barang, perlengkapan yang harus dikerjakan atau dilengkapi. Misalkan hari besok aku mau melakukan beberapa kegiatan seperti membuat laporan, mengirim email, mengirim barang atau meeting, maka aku akan membuat checklist agenda kegiatan tersebut di atas kertas. Atau misalkan aku mau bepergian keluar kota dari maka barang-barang seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, shampo, handuk, sandal, pakaian, jas, yang mau aku bawa akan kutuliskan dalam sebuah checklist. Lalu dari list tersebut harus aku pastikan bahwa semua barang sudah masuk ke dalam koper atau tas ranselku. Itulah checklist.

Checklist

Checklist

Saat ini kita mengamati bahwa dalam proses penerbangan AirAsia QZ8510 yang hilang kontak pada 28 Desember 2014, juga dilakukan checklist semua persiapan yang dilakukan sebelum pesawat dinyatakan layak terbang, Hasil kutipan dari detik.com disebutkan beberapa checklist yang dilakukan oleh kru AirAsia QZ8510 sebelum pesawat take-off. Beberapa checklist tersebut antara lain : Checklist bahan bakar, checklist Penumpang, checklist berat kargo, checklist kabin, checklist kelaikan pesawat

Beberapa dokumen yang menjadi acuan checklist dalam persiapan pesawat sebelum take-off antara lain :

  • Load and Trim Sheet : dokumen checklist yang berisi jumlah kru kokpit, kru kabin,  berat pesawat ( sebelum dan sesudah isi bahan bakar), jumlah penumpang, jumlah bagasi, berat bagasi dan berat kargo. Dokumen ini nantinya harus diketahui oleh kapten/pilot pesawat.

  • A320 Fuel Uplift Record : dokumen yang berisi pengisian bahan bakar.

  • Flight Dispatch Release : Dokumen ini merupakan dokumen kelaikan terbang pesawat antara lain identifikasi pesawat, dokumen penerbangan, dokumentasi pesawat dan dokumentasi kru pesawat. Dokumen ini diapprove oleh FOO (Flight Operation Officer) dan pilot pesawat.

Dokumen-dokumen itu wajib disiapkan dalam checklist sebelum pesawat dinyatakan laik terbang. Tanpa adanya dokumen checklist tersebut, standar operational procedure harus menyatakan bahwa pelaksanaan aktivitas tersebut layak dikaji ulang. Prosedur ini wajib dilaksanakan tanpa terkecuali.

Disadari atau tidak, checklist ini merupakan bagian penting dalam merencanakan kegiatan atau aktivitas. Checklist ini menjadi pertanda semua hal-hal penting dan pendukung lainnya sudah tercatat dengan baik. Dengan adanya checklist, kita yakin dan kemungkinan besar aktivitas kegiatan kita berjalan baik. Kecuali ada hal lain sebagai aral melintang, bisa jadi mempengaruhi hasil akhir atau kesuksesan dari aktivitas yang direncanakan,

Prepare everything with your checklist !!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s