Annus Mirabilis, Indonesia 2014

Annus Mirabilis, yang diambil dari bahasa latin yang berarti tahun yang luar biasa. Istilah Annus Mirabilis dipakai beberapa koran terkenal di Spanyol untuk memberikan apresiasi besar bagi klub sepakbola Barcelona dan Real Madrid yang meraih gelar bergengsi di tahun tersebut. Barcelona yang ditahun 2009 meraih 6 gelar juara di semua kompetisi yang diikuti. Sedangkan tahun 2014, Real Madrid meraih 4 gelar juara, terutama gelar La Decima – Liga Champions diraih. Tahun-tahun tersebut mendapat sebutan Annus Mirabilis bagi mereka.

Lalu apa Annus Mirabilis buat Indonesia. Tentu saja tahun yang luar biasa bagi Indonesia didapatkan pada tahun 1945, saat Indonesia meraih kemerdekaannya dari penjajahan Belanda dan Jepang. Itulah titik balik bagi kehidupan bangsa Indonesia, yang terjajah menjadi negara yang bebas dan merdeka. Bangsa yang menentukan nasibnya sendiri. Lalu apakah tahun 2014 ini layak disebut Annus Mirabilis bagi Indonesia. Bangsa yang saat ini telah melewati pergantian presiden melalui Pemilu dan menghasilkan presiden yang kata orang presiden rakyat, presiden yang berasal dari wong cilik, rakyat kecil dan presiden yang merakyat. Kalau dalam film Real Steel, sebuah robot kecil yang menjadi People Champion (Juara Masyarakat). Tentu saja hasil ini menjadi hasil Luar Biasa.

Kecepatan Internet Asia

Kecepatan Internet Asia

Lalu Annus Mirabilis bagi dunia telekomunikasi Indonesia di 2014 ? Tentu saja tahun ini adalah awal mula babak baru dunia telekomunikasi Indonesia memasuki dunia 4G LTE (Long Term Evolution). Teknologi yang  memungkinkan setiap pengguna untuk mengakses data internet mobile hingga kecepatan diatas 40 Mbps. Jauh lebih tinggi daripada kecepatan data di jaringan 3G yang hanya di kisaran 14.4 Mbps. Ini tentu saja prestasi luar biasa bagi Indonesia. Kecepatan akses data internet baik melalui teknologi seluler maupun fixed, merupakan target yang harus dipenuhi oleh Indonesia. Indonesia Broadband Plan sudah dicanangkan melalui Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025 (KP3EI). Dengan pencapaian ini diharapkan Indonesia menjadi 5 besar negara yang mempunyai kecepatan internet tertinggi di Asia. Tentu saja Indonesia Broadband Plan ini bisa berperan dalam meningkatkat daya saing Indonesia, menumbuhkan tingkat perekonomian Indonesia,  serta memacu pergerakan dunia usaha Indonesia. Saat ini kecepatan internet mobile di Asia di tempati oleh Korea Selatan dengan kecepatan rata-rata 14.7 Mbps dan kecepatan maksimal 41.3 Mbps.

Lalu apa Annus Mirabilis buat pribadi kita masing-masing ?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s