Green Campaign

Sudah saatnya berhemat. Etika dan budaya harus segera dibangkitkan lagi. Kita semua tahu bahwa sumber daya alam ini terbatas, terutama sumber daya energi. Seperti energi minyak bumi, batu bara, panas bumi dan lain sebagainya. Dan manusia diberi kemampuan oleh Alloh SWT untuk mengelola sumber daya energi tersebut menjadi energi listrik, energi gerak, yang kesemuanya dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Kebutuhan hidup manusia seakan tiada batasnya, seperti penerangan listrik, energi buat transportasi, energi penggerak industri. Semua ditujukan buat menjamin kehidupan yang layak bagi umat manusia. Tentu saja hal ini mempengaruhi konsumsi energi. Berlaku juga buat negara kita, di saat keberadaan energi potensial di dalam perut bumi dan air dan udara belum bisa dioptimalkan pengelolaannya, sudah muncul tantangan meningkatnya kebutuhan energi.

Dari permasalahan yang ada, beberapa solusi baiknya diterapkan. Seperti
1. pengoptimalisasi produktivitas pengolahan energi,
2. efektifitas dalam distribusi energi
3. hingga efisiensi dalam konsumsi energi.

Kita sebagai konsumen energi apa yang bisa dilakukan. Tentu saja adalah efisiensi dalam konsumsi energi. Apa manfaatnya? Efisiensi akan mengurangi konsumsi energi yang sebenarnya tidak layak dikeluarkan dan tidak ada manfaatnya. “Green campaign” ini wajib terus disosialisasikan di kalangan masyarakat. Dengan demikian energi itu bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain. Beberapa efisiensi yang bisa dilakukan di kantor antara lain :
1. Mematikan lampu saat sore/malam
2. Mematikan laptop dan komputer saat selesai bekerja
3. Berkendara dengan transportasi umum
4. Penyediaan shuttle bus untuk karyawan kantor
5. Penggunaan paperless document

Langkah-langkah tersebut bisa diterapkan bagi konsumen energi terutama di lingkungan perkantoran. Sehingga kita bisa menjadi bagian green campaign yang banyak dikampanyekan di dunia dan bermanfaat bagi kehidupan dunia.

Lets be Green …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s