Public Transport

Jarak tempat tinggalku yang hanya sekitar 7 km dari kantor, memberi keuntungan yang cukup saat menjalani rutinitas berangkat kantor. Tetapi pada kenyataannya jarak yang hanya 7 km harus ditempuh sekitar 45 menit – 1 jam. Waktu tempuh itu biasanya dilakukan dengan mobil. Kalau menggunakan sepeda motor hanya 20 menit. Ada ketentuan lain juga bahwa waktu itu ditempuh saat macet yang memang tidak bisa dihindari. Bandingkan saja saat perjalanan normal hanya butuh 15 menit. Sungguh traffic jam effect yang luar biasa dalam hal efisiensi waktu.

Permasalahan ini akan terjadi setiap hari. Saking capeknya berkendara dengan mobil, opsi lain pun harus ditempuh. Misalkan kopaja, angkot, ojek . Tetapi opsi itu tidaklah membuat kita nyaman karena kondisi yang panas, asap kendaraan dan gerah. Opsi yang cukup menjanjikan adalah kereta ato busway. Pilihan ini sungguh tepat karena sangat menjanjikan kenyamanan, frekuensi mode transportasi yang banyak. Lagipula kita tidak merasa kecapekan saat berkendara.

Solusi jangka panjangnya apa? Memang tatakota yang direncanakan tidak membuat ramah terhadap transportasi. Bayangkan saja, tiap pagi dan sore puluhan ribu orang menyerbu tengah kota dan pulang rame-rame ke rumahnya. Padahal jalur transportasinya sangat terbatas dan tidak cukup lebar.  Ditambah lagi banyaknya kendaraan pribadi yang lewat makin memperparah kondisi jalanan itu.

So, solusi yang berdatangan perlu segera dieksekusi untuk mendukung Jakarta sebagai kota metropolitan.
MRT, multi Jalur KRL, busway layak dikedepankan. Solusi harus segera.

Mari pelajari tatakota dan transportasinya yang nyaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s