If You Dont Wanna Tell me more, How Do I Help You?

Tiba-tiba saja perselisihan muncul. Perselisihan yang terjadi tak diharapkan. Antara orang pertama dan orang kedua yang sama-sama berpendirian bahwa dirinya benar dan berpendapat atas kesalahan orang lain. Bisa jadi itu merupakan kesalahpahaman.

Bermula saat orang pertama memergoki orang kedua telah bersekongkol dengan orang lain yang tidak dikenal. Padahal orang pertama dan orang kedua saat ini telah menjalin kerjasama yang cukup erat, saling percaya satu sama lain dan tak terpisahkan. Jadi orang pertama seakan-akan orang kedua telah menodai kepercayaan yang ada.

Orang kedua pun sekali memergoki orang pertama juga bersekongkol dengan yang lain. Hal ini tanpa disadari oleh orang pertama. Saat keduanya diliputi rasa ketidakpercayaan, emosi pun mulai tumbuh, dan akhirnya memuncak dan ditumpahkan dalam percekcokan. Adu mulut, sindiran dan tudingan satu sama lain tak terelakkan. Masing-masing pun tidak mengakui atas tudingan dari yang lain.

Saat kondisi ini sangat diperlukan seorang mediator. Mediator yang mampu menjadi penengah dan memberikan solusi untuk menyelesaikan perselisihan. Mediator haruslah fair. Untuk memudahkan penyelesaian oleh mediator, semua orang haruslah terbuka. “You must tell me everything, you must be open. If you dont wanna tell me more, how do I help you?”

Begitu masing-masing orang lebih terbuka. Maka terkuaklah hal-hal benar yang dianggap salah. Dari keterbukaan tersebut, mediator mampu menemukan sesuatu, bahwa apa yang ditudingkan masing-masing orang tadi adalah salah. Anggapan persekongkolan itu tidak ada. Yang ada hanyalah silaturohmi dan bertukar pendapat atas penyelesaian masalah kehidupan. Mereka bukan bersekongkol. Tudingan-tudingan itu muncul dari sudut pandang yang sempit. Setiap orang harus mampu melihat suatu hal dari sisi lain, sehingga sudut pandangnya lebih luas.

Itulah peran mediator. Menggali hal lebih dalam, menguak kebenaran yang tertutupi dan memberi solusi yang menentramkan. Please tell me more, so I can help you.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s