Bridge of Love

Jembatan Cinta

Setiap bulan puasa, begitu selesai sholat shubuh, banyak anak muda yang berjalan menuju jembatan di kampung itu. Mereka menunggu waktu hingga mentari terbit. Momen itu memberikan kesempatan bagi anak muda untuk mengenal satu sama lain, bahkan mengenal pemuda dari kampung lain. Jembatan itu menghubungkan. Baik budaya, ekonomi maupun sosial. Jembatan itu menjadi daya tarik. Bahkan menumbuhkan rasa cinta bagi mereka yang bertemu. Beruntunglah mereka, rasa kasih, berkeluarga hingga berketurunan. Itulah fenomena Jembatan Cinta.

Masa itu, kampung itu sering dilanda banjir. Guyuran air dari pegunungan seribu di wonigiri begitu derasnya menuju daerah yang lebih rendah di sebelah utara. Tiap tahun saat musim penghujan, kampung itu tak terelakkan dari terjangan banjir. Air setinggi sekitar 50-100 cm kemungkinan besar menggenangi daerah itu.

Berterima kasih kepada pemerintah yang mau mencarikan solusi mengatasi banjir itu. Dibuatlah sungai buatan yang membelah kawasan, memberikan jalur aliran air begitu musim hujan datang.

Sungai pun membelah kampung-kampung dan memisahkan satu sama lain. Jembatan pun dibangun, untuk menunjang transportasi antar kampung, menyambung jalur ekonomi kawasan. Itulah jembatan terbesar yang pernah dilihat warga. Jembatan itu menjadi fenomena.

Memang banyak cerita. Jembatan cinta pun ada di Kepulauan seribu. Salah satu pulau yang sering dikunjungi orang untuk rekreasi. Di situ pun terdapat jembatan cinta. Jembatan penghubung antara pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Jembatan cinta bagi pasangan yang memadu kasih. Jembatan yang menjadikan fenomena alam, momentum terbenamnya mentari, menjadi penghias dalam berekreasi. Nikmatnya memandang fenomena alam, mampu melepaskan rasa lelah yang menumpuk. Mampu menumbuhkan rasa semangat untuk memiliki hidup yang berarti. Dan yang paling utama, menjadi bukti kebesaran Alloh yang maha kuasa.

Beda lagi cerita di venezia. Salah satu kota di negeri pizza Italia. Kota yang dibelah oleh sungai-sungai.  Tiap sudut kota bisa disambangi dengan perahu atau boat melewati kanal-kanal. Jembatan rintihan, bridge of sighs yang menghubungkan istana dan penjara. Tapi tak jarang jembatan ini dijadikan para muda mudi untuk mengabadikan cinta mereka. Bisa jadi sebagai jembatan cinta.

Manalagi ya, jembatan atau bangunan lain sebagai bukti cinta seseorang.

Advertisements

3 responses to “Bridge of Love

  1. Appreciating the time and energy you put into your blog and detailed information you present.
    It’s great to come across a blog every once in a while that isn’t the same old rehashed material.
    Great read! I’ve bookmarked your site and I’m including your
    RSS feeds to my Google account.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s