Excecutive Train

image

Hari jumat merupakan hari terakhir bekerja, kebiasaan bagi para pekerja ataupun pebisnis adalah melakukan perjalanan untuk pulang ataupun liburan selama weekend. Misal dari Jakarta, perjalanan yang lumayan ramai adalah tujuan Bandung, Cirebon, Solo, Jogja, Surabaya.

Perjalanan ini bisa dilakukan dengan beberapa alternatif seperti travel, bis, kereta maupun pesawat. Dan malam ini kereta menjadi pilihan ku untuk menempuh perjalanan. Kereta menjadi alternatif dikarenakan titik keberangkatan dan titik pemberhentian ada di tengah kota. Lokasinya bisa ditempuh dengan mudah dan cepat serta murah. Mudah dikarenakan jalurnya sederhana dan banyak moda transportnya. Cepat dikarenakan jaraknya dekat dari tempat kerja maupun tempat tinggal. Sedangkan murah dikarenakan jarak dengan dan moda transportasinya ekonomis. Itulah pertimbangannya lebih memilih kereta dibanding yang lain. Kalau pesawat berlokasi di bandara yang jauh, lama waktu tempuh ke bandara, kadang macet dan bisa lebih mahal.

Kereta. Pilihannya pun banyak, kelas eksekutif, kelas bisnis maupun kelas ekonomi. Varian itu punya harga yang berbeda-beda. Yang paling mahal pastinya kelas eksekutif karena fasilitasnya lebih bagus dan lebih nyaman. Di dalam satu rangkaian kereta pun sekarang harganya berbeda-beda menurut nomor kursi duduknya, artinya lokasi duduk cukup menentukan harganya. Inilah kebijakan baru PT KAI setelah sebelumnya menggunakan kebijakan harga flat dalam satu rangkaian kereta.

Gimana perasaannya. Cukup nyaman. Impian yang didambakan adalah kereta super cepat Sinkansen. Kecepatannya bisa di atas 100 km per jam. Yang memang baru direncanakan di tahun 2025 untuk jalur Jakarta – Bandung.

Impian yang lain adalah naik EuroTrain. Yang memungkinkan melakukan perjalanan ke seluruh negeri Eropa dengan sekali tiket. Artinya tiket yang mahal yang mencapai 8 juta rupiah untuk menjelajah seluruh negeri di Uni Eropa, kecuali sebagian negeri yang tidak terintegrasi seperti Great Britain.

Impian lagi adalah menaiki kereta yang menembus dasar laut dari Perancis menuju Inggris. Ingin sekali merasakan pengalaman itu, pastinya Luar Biasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s