Online Games: Play and Pay :D

Candy Crush Addicted

Candy Crush Addicted

Beberapa anak kecil jaman sekarang senang sekali bermain games. Beberapa jenis permaianan bisa di timezone, bisa melalui game console seperti PS, game dari PC, maupun dari gadget. Yang sangat menarik adalah games yang melalui gadget. Meskipun gadget tidak bisa dikatakan murah, tetapi bagi orang-orang berduit, tentu saja bukanlah hal sulit. Ketika game online sudah merambah gadget ini, setiap orang pun leluasa memainkannya termasuk orang dewasa.

Mobile games dalam mobile gadget seperti AngryBirds, PS, Candy Crush, Zanga. Itu semua bisa dimainkan melalui gadget-gadget keren seperti iPhone, iPad, Android dan lain sebagainya. Lifestyle generasi sekarang memang berubah total. Perkembangan teknologi yang cepat dalam bentuh gadget, akses internet telah merubah gaya hidup generasi ini dari people centrix menjadi gadget-centrix. Penggunaan gadget yang terkoneksi online juga turut membantu penggunanya selalu update terhadap informasi, maupun mengurangi tingkat stress yang dialami.

Kenapa game-game ini cukup tenar? Apa yang ditawarkan oleh game ini hingga menjadi produk permainan yang layak dibeli setiap peminatnya? Seberapa besar nilai yang pantas dikeluarkan oleh konsumennya untuk mendapatkan aplikasi game ini?

Contoh saja Candy Crush maupun Zynga. Candy Crush ini merupakan aplikasi permainan yang menggunakan konsep puzzle. Permainan ini berupa tumpukan permen dengan beraneka warna, dan setiap pemainnya diharuskan menghapusnya dari grid permainan. Pada dasarnya memang game berupa puzzle selalu menggemaskan. Dalam artian kita harus selalu bermain dengan cari cepat dan cerdas. Kalau tidak bisa, kita akan dikalahkan oleh permainan itu sendiri. Pada akhirnya kita harus selalu bermain untuk mencari celah dalam mengalahkan game seperti Candy Crush itu. Jika kalah kita harus bermain lagi untuk bisa mengulang setiap level permainan dan memenangkannya.

Konsep berikutnya adalah game puzzle ini dibuat dalam beberapa level permainan, dan bahkan ada yang mencapai 30 level dengan tingkat kesulitan yang makin berbeda dan bertambah. Ini yang menantang, game ini memberikan tantangan, dan membuat kita tertantang. Membuat kita bangga setiap bisa melewati level tertentu dan pastinya mengulang lagi saat kita dikalahkan oleh game itu sendiri.

Candy Crush Game Level

Candy Crush Game Level

Lalu kenapa game ini menghasilkan duit? Pastinya ya game ini telah membuat kita menjadi addictive dan tertantang. Setiap awal game, setiap user mendapat jatah kehidupan yang terbatas. Jika kita kalah dalam level permainan tertentu, maka jatah kehidupan user kita berkurang. Jika kita kehabisan jatah kehidupan, pemain diberi kesempatan melanjutkan permainan dengan membeli jatah kehidupan dengan harga bervariasi misalkan 1 dollar. Mekanismenya harus dengan kartu kredit yang kita daftarkan untuk membelinya dengan online. Dan bahkan saat pemain selalu stuck dalam level permainan tertentu, saat pemain jengkel dan frustasi, mereka diberi kesempatan untuk membeli wildcard seharga 1 dollar agar bisa lolos dari level tersebut.

Sungguh ide brilian untuk membuat orang bermain, tertantang, senang dan membayar. Game monetization yang luar biasa

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s