Hollywood dan Apple

Macbook dalam Mission: Impossible

Macbook dalam Mission: Impossible

Beberapa kali saat kita saksikan film-film Hollywood maupun serial TV terkenal, sering dihiasi dengan penampilan produk-produk perusahaan teknologi terkemuka Apple. Dilansir dari Businessweek, Iphone melenggang di serial Gossip Girl, Modern Family, hingga film terkenal Mission: Impossible. Dalam beberapa adegan film tersebut, sering perangkat Apple seperti iMac, iPhone, maupun iPad muncul beberapa menit. Setiap orang yang menyaksikan pasti langsung paham dengan logo produk Apple yang berupa buah apel berwarna putih. Warna putih apel tersebut cukup mencolok dan akan tampak bersinar ketika tersorot cahaya.

Dari penelitian Nielsen, produk Apple muncul di TV terhitung 891 kali di 2011, meningkat dari 613 di tahun 2009. Sedangkan dari catatan BrandChannel produk Apple muncul di sekitar 40 persen film-film Box Office.

Sungguh metode marketing yang luar biasa cerdik. Berhubung produk gadget Apple ini merupakan produk retail yang akan menyasar langsung end user, setiap orang pastinya akan merasa “wah” saat memiliki gadget tersebut. Lifestyle orang bergadget saat ini sudah makin menggurita. Gadget bagi orang menengah ke atas, sudah lebih dari barang kebutuhan komunikasi. Tetapi sudah mencapai level trendy dan classy. Itulah mengapa positioning marketing Apple menempatkan produknya bersamaan dengan film-film Hollywood yang terkenal.

Yang lebih menarik lagi adalah penempatan marketing produk Apple di film-film Hollywood tersebut selalu gratis, artinya tidak perlu merogoh kocek untuk memasang produk Apple di setiap film. Sungguh negosiasi yang tokcer dan  nilai tawar yang tinggi Apple.  Memang beberapa kasus, penempatan produk Apple di beberapa film yang diproduksi oleh orang yang pernah memproduksi film dari Pixar Animation Studios yang pernah ditangani oleh mendiang Steve Jobs. Contohnya Brad Bird yang memproduksi Mission: Impossible, sebelumnya juga memproduksi film Pixar. Ikatan inilah yang cukup memberikan nilai tambah dalam aktivitas marketing Apple.

Kedua produk, baik film Hollywood dan perangkat Apple, menghasilkan produk baru yang saling menjadi komplement. Sehingga penonton film rela membeli tiket bioskop untuk menonton adegan film yang tampak keren yang menampilkan gadget keren pula. Menarik ..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s